Manfaat Mengkonsumsi Daging Sapi

Senin, 13 September 2021

D meskippun harga daging sapi mahal, daging sapi memiliki nilai gizi tinggi dan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Rasanya yang lezat dan cara penyajiannya yang beraneka ragam menjadikannya makanan yang populer dan digemari. Namun demikian, berhati-hatilah dalam memilih daging sapi. Pilihlah daging yang sehat untuk menghidari efek samping yang tidak diinginkan.

Daging sapi memiliki kandungan vitamin dan mineral yang banyak manfaatnya bagi tubuh manusia. Setiap 100 gram mengandung kalori 207 kkal, protein 18,8 gram, lemak 14,0 gram, kalsium 11 mg, phospor 170 mg, dan besi 2,8 mg. Daging ini juga mengandung Vitamin A 30 IU, Vitamin B1 0,08 mg dan Vitamin C.

Manfaat Mengkonsumsi Daging Sapi

Manfaat Bagi Tubuh Manusia

Dalam daging sapi yang sehat dan baik tentunya sangat sedikit sekali memiliki lemak dan rendah akan kolesterol.  Berikut beberapa manfaat bagi tubuh kita:

Protein

Sumber protein hewani yang sangat besar adalah berasal dari daging sapi. Protein membantu tubuh manusia untuk membentuk otot sehingga menambah massa otot dan pada akhirnya dapat menambah berat badan kita. Protein sangat penting dalam masa pertumbuhan anak-anak.

Zat Besi

Dalam daging sapi terdapat kandungan zat besi yang sangat tinggi. Para ahli mengemukakan bahwa kandungan zat besinya 4x lebih mudah untuk diserap oleh tubuh kita.

Kandungan zat besi ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia karena dapat menghindarkan kita dari anemia. Anemia dapat menyebabkan seseorang merasa lemas atau lesu sehingga mengganggu produktivitas dan aktivitasnya sehari-hari.

Zat besi bagi tubuh manusia juga dapat menjadi benteng pertahanan melawan penyakit karena dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem kekekalan tubuh. Dengan tubuh yang kebal melawan penyakit dan terhindar dari anemia sehingga dapat tetap aktif.

Pada ibu hamil, selain untuk menghindari anemia, zat besi sangat bermanfaat untuk perkembangan janin, menjaga kesehatan plasenta dan kandungan agar tidak rentan terserang infeksi penyakit. Sedangkan bagi anak-anak, nutrisi diperlukan agar dapat tumbuh dan mempunyai semangat belajar yang tinggi.

Selenium dan Zinc

Selenium merupakan suatu zat yang membantu tubuh manusia untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hampir mirip dengan fungsi dari zat besi yang juga dapat meningkatkan sistem imun manusia.

Zat lain yang dapat membantu tubuh manusia meningkatkan kekebalannya adalah Zinc. Dengan Zinc, tubuh manusia selain mempertahankan sistem kekebalan tubuh, juga membantu pria untuk memproduksi sperma dengan baik dan mencegah kerusakan. Zinc juga berfungsi untuk memperlambat penuaan dini.

Vitamin B Kompleks

Bagi Anda yang diharuskan bekerja dengan mengandalkan konsentrasi dan daya ingat, kandungan Vitamin B kompleks pada daging ini berfungsi mempertajam daya ingat kita dan membuat kita dapat berkonsentrasi lebih baik.

Vitamin B kompleks ini tentu saja akan sangat berguna bagi anak sekolah untuk meningkatkan prestasi. Selain itu, Vitamin B kompleks juga bermanfaat bagi ibu-ibu hamil untuk membantu pertumbuhan janin secara normal.

Omega 3

Selain terkandung pada ikan, Omega 3 juga  terkandung dan banyak terdapat pada daging sapi. Manfaat Omega 3 adalah membantu kita untuk menjaga dan memelihara sistem saraf pusat (otak), membantu fungsi jantung dan hati. Konsumsi daging merah baik untuk mendapatkan nutrisi bagi otak khususnya bagi anak-anak.

Lemak

Daging sapi tidak terlepas dari lemak yang dikandungnya, fungsi lemak sendiri adalah untuk meningkatkan energi dan sumber tenaga bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Asupan Daging yang Direkomendasikan

Ibu hamil dianjurkan untuk memakan daging sapi 200-250 gram setiap minggu. Bayi berusia 7 hingga 12 bulan dapat diberikan 20-30 gram setiap harinya.

Jumlah ini setara sekitar 4-6 sendok teh. Selanjutnya, pada bayi berusia 1-2 tahun dapat diberikan 65 gram daging sapi setiap harinya untuk mencukupi kebutuhan tubuh si kecil.Untuk orang dewasa, konsumsi daging sapi secara bijak karena kandungan lemaknya yang cukup tinggi dapat merugikan kesehatan.

 
Copyright © 2014. locurajapon.com. Powered by Blogger.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper
Creative Commons License